Langsung ke konten utama

Cara Mengurangi Ekspetasi Konsumen

Satu yang harus benar-benar kita cermati dalam menjalankan suatu usaha adalah Ekspektasi konsumen. Ekspekatasi konsumen terhadap produk (bisa berupa barang atau jasa atau kombinasi keduanya)adalah hal yang sangat utama dan tidak boleh tidak dikesampingkan.
           Untuk membuat konsumen puas terhadap produknya, maka salah satu cara nya adalah dengan menurunkan ekspektasi konsumen terhadap produk tersebut. Lalu, bagaimana cara perusahaan menurunkan ekspektasi konsumen?


          Ekspektasi pelanggan yang diekpresikan dalam bentuk keluhan, bagi perusahaan bukanlah suatu kegagalan perusahaan dalam memberikan kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan. Pelanggan yang kecewa dan menyampaikan keluhannya berarti memberi kesempatan kepada perusahaan untuk memperbaiki diri. Keluhan yang disampaikan oleh pelanggan juga dapat digunakan oleh perusahaan sebagai alat evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan. Untuk dapat memahami ekspektasi konsumen memang tidak sederhana dan memerlukan biaya namun tidak diperlukan teknologi yang rumit dan seringkali yang diperlukan adalah pemikiran yang umum dalam melakukan interpretasi data sepanjang data yang penting untuk diperhatikan adalah siapa dan dimana para konsumen yang menjadi target penggunaan produk tersebut. Namun, untuk menurunkan ekspetasi juga produsen bisa dengan cara memberikan produk yang dibutuhkan konsumen, meningkatkan kualitas.

          Menggunakan riset untuk menurunkan ekspetasi konsumen, kita bisa membeli riset dari suatu perusahaan riset produk kemudian kita teliti apa saja yang konsumen inginkan dan bagaimana produk lain memberikan kualitas produk mereka, dan bagaimana tanggapan dan ekspetasi dari konsumen. Maka, kita bisa memberikan kualitas yang lebih tinggi dari produk lain agar ekspetasi konsumen terhadap produk/jasa kita lebih rendah.

          Dalam contoh kasus misalnya penggunaan baterai, dalam suatu penjualan handphone produsen menawarkan bahwa baterai handphone tersebut dapat bertahan selama 20jam selama pemakaian normal, ternyata ketika konsumen menggunakannnya baterai bisa bertahan selama 34jam dalam pemakaian normal. Maka tentu saja itu akan menurunkan ekspetasi konsumen pada handphone tersebut.

Ekspektasi konsumen terhadap produk adalah nyawa bagi para produsen. Dan itu harus dipelihara dan dipenuhi guna kelangsungan suatu usaha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Skin Story (NMW Skin Care)

Hallo Guys! Hari ini aku mau sharing ke kalian tentang NMW Skin Care. Jadi tanggal 2 Juli 2018 aku berobat ke NMW Skin Care. Dari mana aku tau tentang klinik ini? Beberapa hari sebelum aku ke NMW skin care aku tanya temen-temen aku di instagram lewat instagram story tentang "dokter kulit di daerah jakarta dan tangerang selatan yang bagus". Akhirnya, temen-temenku banyak banget yang rekomen ke Dr.K tapi, aku kurang sreg sama Dr.K karena beberapa temenku yang berobat disana setelah lepas mukanya semakin rusak. Selain Dr.K temenku ada yang rekomendasi ke NMW (vote terbanyak setelah Dr.K). Salah seorang temenku cerita tentang pengalamannya perawatan di NMW, jadi berdasarkan cerita temenku dia dulu perawatan di DR.K tapi setelah itu dia ketergantungan parah dan merasa kurang cocok, mana harganya mahal bangetkan. Kemudian ibu mertuanya rekomendasikan dia ke NMW Petogogan dan konsul ke Dr. Natalie. (dan dia rekomendasikan hal yang sama ke aku) dia bilang dia kulitnya sensi...

THIRDPROJECT (Tugas Marketing Management-Analisis STP)

Analisis STP                     THIRDPROJECT Ingin tampil beda dan selalu stylish? Gasuka barang-barang mainstream yang pasaran? Yuk datang ke THIRDPROJECT   kita jual barang-barang lucu dan gapasaran loh.. THIRDPROJECT   menjual sepatu-sepatu yang di desain hanya untuk kalian yang gamau punya sepatu pasaran dan selalu tampil stylish karena kita hanya memprosuksi barang limited edition SEGMENTING AND TARGETING THIRDPROJECT  menargetkan wanita yang berusia 16-30 tahun karena wanita berumur 16-30 biasanya sangat menyukai barang-barang yang limited edition. THIRDPROJECT   menjual sepatu dengan harga yang murah sesuai dengan kualitas mulai dari Rp 120000 POSTITONING Berdasarkan segmentasi dan target pasar yang dibidik oleh  THIRDPROJECT  ,positioning yang ditetapkan adalah untuk mendapatkan sepatu yang berkualitas dan tidak banyak dimiliki oleh orang ...